Islamic word view adalah cara pandangan dunia islam, untuk mengetahui cara pandang dunia isalm kita perlu memerlukan kerangka filosofis yang meliputi hakikat islam tentang aspek aspek ontology dan realitas, kerangka epistemologis, serta implikasi aksiologisnya. Dan dengan  kerangka ini akan di dapatkan pemahaman tentang pandangan islam .

 Hakikat islam

Islam diketahui dengan cara memahami dan mempelajariaspek aspek kunci dari ruang lingkup pandangan islam. Aspek aspek  tersebut meliputi pengertian islam, siapa yang menurunkan islam, dimana dan kepada siapa diturunkan islam melalui siapa orang islam itu di pahami .

                Dalam pengertian islam sendiri berasal dari kata aslama yuslimu yang berarti  selamat , selamat dari siksa yang allah berikan di hari kemudian nanti. Kata lain islam juga berate kesejahteraan. Islam lebih memandang untuk para ummatnya sejahtera tanpa harus ada kekerasan di dalamnya dan itu yang biasa di sebut dengan islam rahmatan lil alamin. Islam mengandung dari segala unsur dan segala aspek. Islam juga mengatur segala urusan agar umatnya berada dalam koridor makhluk yang benar, mulai dari mengatur cara buang hajat yang benar sampai bermuamalah dengan manusia yang lain. Islam tidak membeda bedakan suku, ras , bangsa, rupa. Dan islam juga mengajarkan tentang bagaimana hidup itu bermanfaat berguna dan menyenangkan.

Beda halnya dengan sekuler. Dimana mereka membeda mbedakan atau mengkotak kotakan masalah agama dan politik. Di sekuler mereka menyendirikan hal hal yang perlu di sendirikan seperti politik, agama, pendidikan, budaya, dan sebagainya.

Dalam kacamata islam politik adalah salah satu aspek keagaman dimana ketika kita berpolitik ya harus sesuai dengan koridor islam, dan tidak bisa agama itu di bedakan dengan politik karna politik adalah salah satu dari aspek agama, tanpa islam politik tak ada.( sabil ar ar rasyad)