Anggota  MPR RI  Dr. Hj. Reni Marlinawati gelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di GOR Bulutangkis Adtya Sport Mangkalaya Minggu, (20/05/2018)

Dalam kesempatan itu, senator kelahiran Sukabumi ini menyampaikan rasa bangga sekaligus mengucapkan terimakasih bisa bersilaturrahmi dengan warga masyarakat Perum Mangkalaya dan para tokoh ulama dan tokoh pemuda se Kecamatan Gunungguruh.

Dalam pemaparannya, Reni Marlinawati mengulas pentingnya empat pilar kebanggsaan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ibarat sebuah rumah”, jelas Reni, Empat pilar kebangsaan memiliki fungsi masing-masing dalam bingkai kebangsaan Indonesia.

“Pertama, Pancasila sebagai pondasinya, Kedua, NKRI sebagai atapnya, Ketiga ; UUD 1945 sebagai tiangnya, keempat ; Bhineka Tunggal Ika sebagai dindingnya. Masing-masing itu semua saling melengkapi”, ungkapnya.

Salah satu Contohnya, menurut anggota DPR dari Partai Persatuan Pembangunan ini. ”Dinding, Atap dan Tiang rumah tidak akan bisa berdiri dengan kuat apabila pondasinya tidak tertanam secara kuat pula, itulah contohnya fungsi pancasila sebagai pondasi dalam bernegara.  Artinya, bila pondasinya kuat maka bangunan rumah tidak akan mudah roboh walaupun diterpa gempa bumi”, terangnya.

Camat Gunungguruh, Eri Eryadi, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini diadakan di wilayah kerjanya,  seraya memperkuat akan pentingnya empat pilar kebangsaan sebagai ilmu yang harus di pahami oleh warga Gunungguruh.

“ibu-ibu dan bapak-bapak untuk memahami empat pilar kebangsaan ini mestinya ikut kuliah lagi, tapi Alhamdulillah bisa pelajari dari ibu dewan disini”, jelas eri.