Oleh : Deka Galang

Realisme merupakan teori yang paling dominan dalam hubungan internasional. Karakteristik paling dasar ialah: 1. Pandangan pesimis bahwa manusia melakukan hal baik (selalu berbuat berdasarkan kepentingan pribadi mereka; 2. Negara merupakan aktor utama dalam hubungan internasional; 3. Percaya bahwa hubungan internasional selalu dalam situasi konflik dan konflik tersebut hanya bisa diselesaikan oleh perang; 4. Memberikan perhatian lebih kepada keamanan negara dan juga eksistensi dari negara tersebut; 5. Skeptik terhadap perkembangan politik internasional.

Selain itu, ada 3 esensi tambahan dalam teori realisme yakni ‘statism’, ‘survival’, dan ‘self-help’ (Dunne & Schmidt, 2001, 150) Statism merupakan pandangan bahwa negara adalah aktor utama dalam hubungan internasional, oleh karena itu menurut Weber negara memiliki legitimasi untuk memonopoli kekuasaan mereka selama masih dalam teritorial mereka. Survival merupakan tujuan pertama negara , yakni untuk bertahan dengan cara bersikap defensif serta bersikap ofensif untuk merebut posisi hegemoni dalam hubungan internasional. Dan Self-help berarti suatu negara harus berjuang sendiri tanpa meminta bantuan negara lain maupun aktor lain, karena menurut Machiavelli teman hari ini bisa saja menjadi musuh besok (Dunne & Schmidt, 2001, 144).

Orang realis memandang hubungan internasional selalu dalam situasi anarkis. Karena tidak ada penguasa tertinggi selain negara. Oleh karena itu, hubungan antar negara dan hukum tidak memiliki peraturan yang jelas. Orang realis memandang aktor selain negara (IGO, NGO, MNC, etc) itu hanya memiliki pengaruh yang kecil dalam hubungan internasional.

Tokoh realis seperti Hobbes, Machiavelli, Thucydides mengatakan bahwa tujuan, alasan, dan penggunaan kekuasaan merupakan tindakan utama politik manusia. Oleh sebab itu mereka mengatakan bahwa politik internasional bisa jadi arena persaingan, konflik, dan perang antar negara jika dihubungkan dengan kepentingan negara masing masing dan eksistensi negara tersebut.
_______________

Referensi:
Dunne, Tim & Brian C. Schmidt. 2001. Realism in J. Baylis and S. Smith (eds,.), The Globalization of World Politics an Introduction to International Relation, Oxford University Press, pp. 144 -161.