Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia  (PW PII) Jawa Timur periode 2018 – 2020 akan menyelenggarakan pelantikan pada tanggal 28 Oktober 2018 di Surabaya.  PW PII Jawa Timur periode 2018 – 2020  yang akan dilantik merupakan pengurus yang telah dibentuk berdasarkan hasil Konferensi Wilayah XXXI PW PII Jawa Timur di Jember, Jawa Timur.

Acara pelantikan tersebut akan dimeriahkan dengan Festival Literasi pertama kali yang diselenggarakan oleh PII Jawa Timur dengan “PII Membumikan Literasi Pelajar dalam Menghadapi Revolusi Industri  4.0”

Kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan menyebabkan rendahnya minat membaca dan menulis. Hal ini yang melatarbelakangi pelajar kurang cakap dalam berdiskusi dan memahami informasi dengan benar. Dengan kondisi kualitas generasi muda yang rendah,  , maka Indonesia tidak mampu bersaing di era teknologi.

“Untuk menyemarakan pelantikan PW PII Jawa Timur periode 2018-2020 kami akan mengadakan Festival Literasi Pelajar, diharapkan agar pelajar punya persiapan yangkuat dalam segi pembacaan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dan menyambut generasi emas 2045 di masa mendatang”. Ujar Ketua Umum PW PII Jawa Timur Hartono di Surabaya, Sabtu (20/10/18)

Pelajar Islam Indonesia mempunyai komitmen kuat untuk membangun generasi muda agar bergunat bagi agama dan negara. Bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober mendatang, semangat kesatuan tanah air, bangsa dan bahasa perlu dipupuk kembali. Selain itu, Bulan Oktober adalah bulan bahasa dan sastra. Momen ini sebagai refleksi PW PII Jawa timur menggagas untuk kembali membumikan budaya literasi bagi pelajar. Sebagai langkah konkret untuk mengawal revolusi industri 4.0.