Oleh : Elva Eka Ernawati

Banyak sekali kaum adam yang mengeluhkan “saya sulit sekali memahami perempuan, apa maunya” sampai kemudian muncul sebuah slogan “perempuan selalu benar, dan laki-laki selalu salah”

Baik, mari kita kenali perempuan dengan perlahan dan seksama. Bahwa perempuan tidak diciptakan dari besi, yang apabila ia terkena panas dia akan meleleh seketika. Perempuan tidak pula di ciptakan dari batu yang keras, karena, apabila ia seketika dihancurkan dengan palu, maka dengan cepat ia akan hancur menjadi kepingan kerikil-kerikil yang berserakan.

Lalu darimana perempuan diciptakan? Kemudian Allah SWT berfirman:

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya, dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Qs. an-Nisaa : 1)

Rasululloh SAW bersabda:

“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin senang-senang dengannya maka engkau bisa bersenang-senang dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.”(HR. Muslim)

“Berwasiatlah kalian dengan kebaikan kepada para wanita (para istri), karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk…” Dalam satu riwayat: “Wanita itu seperti tulang rusuk….” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ternyata, perempuan itu di ciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Materi penciptaannyapun tidak pernah berubah yaitu tetap bengkok.! Tulang rusuk yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas, maka tulang rusuk tersebut sampai kapanpun akan tetap bengkok. Jika sekali-kali memaksa tulang rusuk untuk lurus selurus-lurusnya maka dia akan patah. Namun jika perempuan di biarkan dalam keadaan bengkok, maka dia akan bengkok selama-lamanya.

Lalu, bagaimana seharusnya menenali perempuan?

Ada dua syarat yang harus dipenuhi untuk mengenali perempuan yaitu:

Syarat yang pertama: “Perlakukan perempuan dengan lemah lembut, dan penuh kasih sayang”, dengan begitu, maka kamu dapat melihat keindahan padanya.

Syarat yang kedua adalah dengan “SABAR”, bersabarlah dalam menghadapi perempuan, bersabarlah dalam mendidiknya, bersabarlah dalam membimbingnya maka kamu dapat melihat keindahan padanya.