Supel.Id, Ambon. – R. Sadam Al Jihad terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB)  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam Kongres ke XXX yang berlangsung di Auditorium Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Minggu (25/2).

Pada pemilihan putaran pertama dari 16 calon Ketum PB HMI, Sadam yang juga pengurus PB HMI periode sebelumnya memperoleh suara 96  suara dari 191 keseluruhan pemilik suara yang diperebutkan. Sedangkan Ilham memperoleh dukungan 45 suara, sementara  Asep  memperoleh 34  suara.

Dengan perolehan dukungan diatas 20 suara, Sadam, Ilham dan Asep lolos ke putaran kedua pemilihan. Namun sebelum pemilihan putaran kedua digelar, Ilham dan Asep langsung menyatakan mengalihkan dukungan kepada Sadam.

“Dengan penuh kesadaran, kami menyatakan memberikan dukungan kepada saudara Sadam Al Jihad sebagai Ketua Umum PB HMI periode 2018-2020,” kata Ilham dan Asep disambut tepuk tangan ribuan kader dan peserta kongres HMI yang memenuhi Auditorium Univeritas Pattimura. 

Dengan dukungan dari kedua kompetitornya itu maka Sadam yang berasal dari Cabang Jatinangor, Jawa Barat ini langsung terpilih secara aklamasi untuk memimpin PB HMI periode 2018-2020.

Setelah pimpinan sidang menetapkan Sadam sebagai Ketum PB HMI, Sadam langsung dibaiat oleh pimpinan sidang yang disaksikan peserta Kongres. Dalam Kongres ini juga, pimpinan sidang menetapkan Ilham dan Asep sebagai Mid Formatur yang bertugas membantu formatur terpilih yakni Ketum menyusun kepengurusan PB HMI.  Kongres PB HMI dibuka Presiden Joko Widodo pada  14 Februari 2018,  dan direncanakan Kongres akan ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla. (red.ads)