Menindaklanjuti kegiatan Focus Group Discussion Poros Pelajar yang terdiri dari Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Jakarta – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jakarta – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jakarta – Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) yang diselenggarakan awal Februari lalu dengan mengangkat isu terkait moralitas pelajar, Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia (PD PII) Se-DKI Jakarta, melakukan kunjungan sekaligus sinergi program dengan Komite Pemberantas Korupsi (KPK) pada Kamis (8/3/18), di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pertemuan dihadiri oleh perwakilan-perwakilan PD PII Se-DKI Jakarta yaitu, Bintang Mahakarya (Ketua Umum PD PII Jakarta Pusat), yang diwakili oleh Muhammad Suhail (PD PII Jakarta Selatan Ketua Bidang Komunikasi Umat) dan Nurrizka Putri (Bendahara Umum) dan Mardhiyah Luthfi Hasan (Ketua Bidang I Kaderisasi PW PII Jakarta),

Sedangkan dari KPK diwakili oleh Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (DIKYANMAS) yaitu Kak Dotty dan Kak Hanan.

Program yang dibahas salah satunya adalah terkait kolaborasi dalam penyelenggaraan Student Leadership Forum 2018 (SLF) yaitu sebuah forum Dewan Perwakilan untuk Pelajar DKI Jakarta (DKI Jakarta Student’s Representative Council) yang konsen terhadap isu pelajar, pendidikan dan kebudayaan. Di mana seluruh sekolah se-DKI Jakarta mengutus delegasi terbaiknya.

“Dalam rangka berperan aktif dalam mengkampanyekan gerakan pelajar anti korupsi dan gerakan pelajar anti hoax, kegiatan ini diharapkan mampu mewadahi aspirasi pelajar se-DKI Jakarta untuk aktif memerangi korupsi dan hoax khususnya dalam lingkup pelajar itu sendiri.” jelas Bintang dalam merespon apresiasi dari KPK terkait SLF. Kegiatan ini akan diselenggarakan dalam beberapa bentuk acara salah satunya sidang-sidang dan pendidikan yang digulirkan oleh pihak-pihak terkait.

“Kita tahu, bahwa ruang-ruang untuk dialog dan diskusi pelajar ini semakin jarang dan hilang tergerus rutinitas harian kita sebagai pelajar. Maka nggak hanya sebagai wadah diskusi, tapi kami juga mengusung semangat persatuan pelajar. Bersatu untuk memerangi korupsi, bersatu untuk memerangi hoax, bersatu dalam literasi, bersatu untuk memimpin perubahan!” sambung Mardhiyah.

Program yang lainnya adalah kerjasama dalam gerakan literasi yang diusung PW PII Jakarta. KPK akan mensupply film-film pendek untuk Bioskop Alternatif PW PII Jakarta serta buku-buku untuk Perpustakaan Bergerak.

KPK mengharapkan program tersebut diramu sekreatif mungkin dan berjalam kontinyu sebagaimana telah dikampanyekan oleh PW PII Jakarta dengan tagar #PelajarPemimpinPerubahan, serta implementasi pendidikan anti korupsi di dalam setiap latihan kepemimpinan yang digulirkan oleh PW PII Jakarta. (hafidzoh)