Normal
0

false
false
false

IN
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Hubungan Islam dengan Ilmu Pengetahuan

       Agama Islam merupakan agama yang paling mulia dan sempurna dihadapan Allah SWT. Proses perkembangan, pertumbuhan, serta penyebaran agama Islam di seluruh penjuru dunia tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semua itu tidak terlepas dari perjuangan Nabi Muhammad SAW. Sehingga, perkembangan agama Islam masih ada sampai sekarang dan berkembang pesat. Namun, perkembangan itu juga masih banyak yang kurang mendalami.Adanya degradasi akhlaq disebabkan karena kurangnya pengetahuan yang mendalam tentang Islam. Kebanyakan orang Islam sekarang mengaku Islam tetapi tidak disertai dengan pengamalannya. Dengan kata lain, umat Islam tidak secara kaffah memeluk Islam, tetapi hanya setengah. Oleh karena itu perlunya pemahaman tentang Agama Islam benar-benar diperlukan sehingga kita bisa lebih mudah untuk memahami Islam lebih jauh.

          Ilmu pengetahuan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari ajaran agama Islam, sebab kata islam itu sendiri, dari kata dasar aslama yang artinya “tunduk patuh”, mempunyai makna “tunduk patuh kepada kehendak atau ketentuan Allah”.Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), etapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat se!ara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakuidalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

       Epistemologi, biasanya didefinisikan sebagai cabang ilmu filsafat yang membahas lmu penegtahuan secara menyeluruh dan mendasar. Knowlegde atau ilmu pengetahuan merupakan suatu yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia. Islam, khuusnya, agama yang sangat menghargai ilmu pengetahuan. Al.qur’an adalah kitap yang begitu besar terhadap aktifits pemikiran dan keilmuan. Bahkan yang diajarkan pertama kali kepada Nabi Adam a.s adalah pengetahuan nama nama benda (al.baqoroh:31). Wahyu yang prtama kali ditunkan kepada Nabi Muhammad saw., berkaitan dengan perintah membaca (iqro’) dan menulis yang disimbolkan “pena” (qolam). Wahyu itupun sudah berbicara tentang proses penciptaan manusia yang berasal dari al.alaq (sesuatu yang melekat). Tetapi sejak awal sudah diingatkan bahwa proses membaca dan menulis tidak boleh dipisah dari dasar keimanan.

  Semua aharus didasarkan dengan nama Allah (iqro’bismirobbikalldzi kholaq)  Karena itulah, sejakaal tradisi ilmu dalam islam sejak awal sudh bersifat “tauhidiy”, tidak sekular, tidak mengutmakan memihak antara dunia dan akhirat, tetapi keduanya saling berhubungan. Semua itu bermula pada satu tujuan, yaitu untuk mengenal (ma’rifah) kepada Allah swt., dan mencintai ibadah kepada-Nya. Al.qur’an memuat banyak sekali ayat ayat yang mendorong kaum muslimin untuk senantiasa meningkatkan keilmuannya. Bahkan sehari hari, haruslah ditandai dengan aktifitas keilmuan atau yang terkaitan dengan ilmu

       Islam dituntut peranannya untuk menjadi panduan, pengarah kehidupan manusia agar tidak terperosok kepada kerugian, dan menjatuhkan martabatnya sebagai mahluk yang mulia. Dalam situasi dunia global ini, manusia dihadapkan kepada berbagai tantangan, peluang, dan kesempatan. Dalam keadaan demikian dijumpai adanya manusia yang berhasil menyikapi kehidupan global tersebut secara bermakna dan lebih berdaya guna. Tetapi ada juga yang tidak tahu arah yang harus dituju. Dalam situasi global, agama diharapkan dapat memberikan jawaban terhadap berbagai masalah, baik yang berkaitan dengan social, ekonomi, politik keamanan maupun kemakmuran. Hal ini diyakini karena bahwa beragama mengandung nilai-nilai universal dan absolut yang mampu memberikan resep-resep mujarab yang tidak ada habisnya.

             Untuk sampai kepada keadaan yang mampu bersentuhan dengan berbagai persoalan actual berkaitan dengan dimensi kehidupan, manusia memerlukan pendekatan baru yang lebih relevan. Agama tidak cukup dipahami dari satu pendekatan saja, melainkan harus dipahami dan dianalisis dengan menggunakan berbagai pendekatan yang komprehensif, actual dan integral. Seorang yang ingin memahami agama dalam hubungannya dengan berbagai masalah tersebut perlu melengkapi diri dengan ilmu-ilmu bantu seperti filsafat, sejarah, antropologi, sosiologi, dan ilmu alam lainnya.

             Ilmu-ilmu keislaman yang selama ini terkesan tertutup, sebenarnya tetap konsis dapat diaktualisasikan, dan dikembangkan sesuai dengan tuntutan zaman. Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman, harus melengkapi dirinya dengan ilmu bantu dan menguasai teori-teori penelitian lengkap dengan metodenya, baik secara teoritis maupun praktis. Pemahaman agama yang komprehensif, actual, segar dan integral telah memberikan pertunjuk praktis tentang bagaimana ilmu agama itu dipelajari dan diajarkan. Dengan cara ini, umat islam dapat memahami agama yang utuh dan integral. Juga dapat mengembangkan dan merespons berbagai persoalan actual dalam kehidupan modern. Ilmu pengetahuan adalah suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan segala bidang ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan fakta- fakta yang saling berhubungan antara satu sama lain mengenai bidang-bidang tertentu.

             Itulah pembahasan mengenai Hubungan Islam dengan Ilmu Pengetahuan. Sekian dari saya semoga ilmu yang saya berikan sangat bermanfaat.